Tips bagi Siswa yang Ingin Belajar di Rumah Lebih Optimal

Sepanjang satu bulan lebih, Pelajar melakukan evaluasi jarak jauh karena wabah Virus Corona atau Covid-19 Lalu, bagaimana evaluasi online yang sudah dilakukan pelajar di rumah? Apa dapat berjalan baik dan dapat optimal?

Berikut ackack.net telah merangkum serangkaian informasi tentang tips belajar di rumah agar lebih optimal.Mari kita simak info selengkapnya.

Motivasi diri

Buat motivasi untuk belajar dengan berikut ini: Buat kesepakatan dengan diri kita jika kamu baru dapat beraktivitas favoritmu (seperti menonton atau main games) sesudah semua sasaran belajar terwujud. Catat dan papang peribahasa motivasi favorite kamu di dekat meja belajar. Kamu bisa juga meminta kontribusi dari keluarga atau teman-temanmu untuk mengingati kamu.

Atur waktu

Gunakan waktu belajarmu dengan efisien dengan tehnik Pomodoro ini. Tetapkan sasaran harian dan jam belajar kamu tiap paginya. Buat daftar pekerjaan dan sampaikan agenda belajar kamu ke keluarga atau temanmu agar dapat turut memantau dan menolong kamu. Mulai bekerja dengan ikuti tehnik mengelola waktu Pomodoro berikut ini: Buat daftar pekerjaan yang perlu ditangani Lakukan pekerjaan sepanjang 25 menit Contreng daftar pekerjaan yang telah terwujud Istirahatlah sepanjang 5 menit Kembali bekerja sepanjang 25 menit + 5 menit istirahat. Ini ialah satu aktivitas Pomodoro Sesudah melakukan tehnik 4 Pomodoro, kerjakan istirahat panjang (30 menit). Sesudah semua pekerjaan di daftarmu usai, kerjakan kegiatan lain untuk peningkatan dirimu.

Mengerjakan tugas dan hobi

Pastikanlah kamu bisa kerjakan pekerjaan yang diberi secara tepat dengan cara berikut ini: Baca penempatan dari guru dengan cermat. Bila belum pahami, bertanyalah ke guru atau rekan kamu lewat program chat, SMS, atau telephone. Untuk evaluasi online, pastikanlah kamu telah mempersiapkan HP atau netbook, akses internet yang konstan, paket yang cukup, dan program belajar yang diperlukan. Untuk evaluasi berbasiskan project, yakinkan alat dan berbahan telah ada di rumahmu. Bila ada masalah, langsung adukan ke orang-tua, guru, atau sampaikan ke rekan. Sesudah usai, adukan atau kirimkan hasil kerjamu ke guru dan orangtuamu. Agar tidak jemu, sesudah kerjakan pekerjaan sekolah, kamu dapat beri kesegaran diri dengan olahraga, mengolah, atau beraktivitas favoritmu.

Baca Juga : Daftar Organisasi Mahasiswa yang Wajib Diikuti Selama Kuliah

Tanya orang

Walau tidak berjumpa langsung, tidak berarti kamu tidak berhubungan sama orang lain. Kamu dapat terus berbicara dengan beberapa orang paling dekatmu untuk menolong proses belajarmu dan pastikan kamu tahu apakah yang terjadi di sekitarmu. Orang-tua: kamu dapat berunding mengenai proyekmu atau desas-desus terbaru. Guru: kamu dapat menanyakan mengenai pekerjaan atau minta saran berdasar hasil pekerjaan yang ditangani. Rekan-rekan sekelas: kamu dapat sama-sama memberikan berita, berunding mengenai pekerjaan dan desas-desus terbaru. Web sumber belajar dan basis informasi: kamu dapat cari rekomendasi pekerjaan dan membaca beberapa berita terbaru.

Ulangi materinya kembali

Kerjakan pekerjaan saja terkadang kurang cukup untuk pahami materi evaluasi. Langkah berikut dapat kamu coba untuk betul-betul pahami pelajaran dengan mengulang-ulang materinya kembali. Menonton beberapa video evaluasi online. Bahas materi yang didalami dengan rekan-rekan kamu di grup chat. Buat ringkasan atau peta ide materi itu yang bisa menolong kamu mengulang-ulang kembali materi itu di masa datang. Lakukan beberapa soal tambahan jika kamu perlu rintangan lebih. 6. Teruskan dan benahi Sesudah coba taktik belajar ini, pikirkan kembali apa skema ini sukses untuk kamu: Apabila sudah sukses, bagaimana agar lebih maksimal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.