Syarat Kuliah di Jepang Yang Perlu Diketahui

Syarat Kuliah di Jepang – Negeri Sakura atau Jepang menjadi salah satu destinasi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi pengajaran tinggi. Hal ini sebab Jepang diketahui dengan salah satu negara di Asia yang kwalitas dan fasilitas pengajarannya terbaik. Kecuali mempunyai pengajaran bermutu tinggi, banyak mahasiswa internasional yang berharap kuliah di Jepang sebab berharap menikmati kultur dan kebudayaan yang masih benar-benar kuat di Jepang. Jepang juga dievaluasi sebagai salah satu negara paling aman di dunia ackack.net.

Syarat Kuliah di Jepang

Masyarakatnya yang diketahui hidup teratur dan disiplin juga akan memberi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa internasional termasuk pelajar dari Indonesia. Tapi apa saja yang patut dipersiapkan sebelum memastikan kuliah disana?

Baca Juga : Manfaat Belajar Bahasa Arab Bagi Pelajar

Dan mana saja universitas terbaik di Jepang yang dapat menjadi alternatif untuk melanjutkan studi? Simak kabarnya berikut ini diinformasikan dari situs Hotcourses Indonesia.

1. Kapabel Berbahasa Jepang

Sebelum kuliah di Jepang, mahasiswa internasional seharusnya mengambil kursus bahasa Jepang terpenting dahulu selama enam bulan di lembaga yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kehakiman Jepang. Sebab mayoritas perkuliahan disana dikenalkan dengan bahasa Jepang. Lalu bagaimana sekiranya kau telah piawai berbahasa Jepang? Kursus ini konsisten patut ditiru tapi dapat dicapai dengan waktu yang lebih singkat.

2. Mempunyai Akta Bahasa

Meskipun mayoritas pelajaran mengaplikasikan bahasa Jepang. Tapi ada sebagian universitas yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, calon mahasiswa yang berharap ke Jepang juga patut mempunyai akta kecakapan Bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL sebagai salah satu prasyarat masuk program hal yang demikian.

3. Ujian Masuk Universitas

Kecuali prasyarat bahasa, bagi mahasiswa internasional patut mencontoh ujian masuk universitas atau yang lazim diketahui dengan percobaan EJU (Examination for Japanese University). Ini merupakan test yang mengukur kecakapan berbahasa Jepang dan kecakapan akademik calon mahasiswa asing yang akan belajar di Jepang. Ujian ini dijalankan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta dikerjakan dua kali setahun, yakni pada bulan Juni dan November. EJU sendiri dikerjakan di 16 kota di Jepang dan 14 negara, salah satunya Indonesia. Kau dapat mencari latihan soal test nya di pelbagai institusi yang teregistrasi.

4. Observasi Jadwal

Registrasi Kampus Sebelum mendaftar ke kampus yang dituju pastikan segala dokumen pendorong seperti ijazah telah disiapkan. Pantau terus mengenai jadwal registrasi dan ujian di masing-masing kampus karena jadwalnya dapat berbeda-beda tergantung penetapan perguruan tinggi itu sendiri. Tapi biasanya ada percobaan ujian masuk universitas yang berbeda dengan percobaan ujian masuk nasional.

Universitas Terbaik di Jepang

1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo merupakan universitas yang sudah berumur 117 tahun dan menjadi universitas penelitian negeri ternama di Jepang serta juga adalah member pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Meskipun hampir semua tipe bidang akademis diajar di sini, kampus ini paling familiar akan fakultas peraturan dan sastra.

2. Kyoto University

Didirikan pada 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto dan adalah universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto mempunyai 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 sentra riset dan pengajaran. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto sampai sekarang sudah menciptakan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.

3. Osaka University

Universitas ini mempunyai lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 dikenalkan dalam bahasa Inggris dan untuk tingkatan S2 tersedia lima program kuliah yang ditawarkan dalam bahasa Inggris. Universitas ini juga menawarkan beasiswa dan pembebasan tarif kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi prasyarat.

4. Tokyo Institute of Technology

Universitas ini berada di peringkat ke-21 di bidang teknologi dan peringkat ke-57 pada bidang ilmu alam di antara universitas-universitas terbaik dunia berdasarkan Times-QS World University Rankings. Universitas ini juga berada di peringkat 4 terbaik di Jepang, secara khusus dalam ilmu alam dan teknik lapangan.

5. Waseda University

Waseda adalah universitas swasta yang masuk dalam jajaran universitas terbaik Jepang. Universitas ini mempunyai jebolan-jebolan ternama, termasuk tujuh Perdana Menteri Jepang. Dikala ini, Waseda University membatasi nota kesepakatan dengan sebagian universitas terkemuka, yang meliputi Yale University, University of Hong Kong, dan Cambridge University.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.