Manfaat Belajar Bahasa Arab Bagi Pelajar

Manfaat Belajar Bahasa Arab Bagi Pelajar – Mempelajari bahasa asing mungkin jarang terpikirkan oleh orang-orang pada biasanya kecuali mempelajari bahasa Inggris. Tapi rupanya kita dapat menerima banyak manfaat dalam mempelajari bahasa Arab loh ackack.net.

Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab dapat dikatakan sebagai bahasa yang cukup susah untuk dikendalikan. Tapi, susah bukan berarti tak dapat. Sekiranya kita berupaya, kita pasti akan menguasainya. Sebab itulah ini manfaat belajar bahasa Arab.

Baca Juga : Fakultas dan Jurusan di UPI – Universitas pendidikan Indonesia

Belajar Penerjemahan Arab

Ada banyak manfaat belajar bahasa Arab yang bisa kau rasakan. Yuk simak review berikut untuk mengenal manfaat belajar bahasa Arab.

1. Penerjemahan Arab merupakan bahasa Al Qur’an
Keutamaan bahasa Arab merupakan sebab bahasa Al-Qur’an. Hakekatnya alasan ini cukup kuat untuk menjadi alasan besar mengapa seharusnya mempelajari bahasa Arab. Adapun keistimewaan bahasa Arab juga diceritakan dalam Al-Qur’an lebih dari sepuluh daerah, di antaranya pada surat Az Zumar:

2. Lebih gampang menghapal Al Qur’an
Dengan mempelajari bahasa Arab kita akan lebih gampang dalam menghafalkan Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan gampang pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, menghafalkan, membeberkan serta mengamalkannya.

3. Lebih gampang memahami ajaran Islam
Orang yang mengerti bahasa Arab, khususnya mengerti kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan kian gampang memahami Islam ketimbang yang tak mempelajarinya sama sekali. Apalagi sebagai penyampai dakwah, menjadi seorang da’i, kyai atau ustadz, tentu lebih urgent lagi mempelajarinya supaya gampang memberikan pemahaman agama yang benar pada orang banyak.

4. Lebih gampang menggali ilmu dari ulama
Orang yang mengerti bahasa Arab akan gampang menggali ilmu dari ulama secara lantas atau membaca bermacam-macam karya ulama yang telah banyak tersebar. Meskipun yang tak mengerti bahasa Arab cuma dapat mengandalkan kitab alih bahasa dan itu sifatnya terbatas.

5. Penerjemahan Arab menentramkan jiwa
Penerjemahan Arab itu bahasa yang lembut dan lebih mengenakkan hati, serta menentramkan jiwa. Ibnu Katsir ketika membeberkan surat Yusuf ayat kedua mengucapkan,

“Sebab bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fasih, paling terang, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

6. Penerjemahan Arab merupakan bahasa yang paling mulia
Ibnu Katsir rahimahullah juga mengucapkan, “Sebab Al-Qur’an merupakan kitab yang paling mulia, diwariskan dengan bahasa yang paling mulia, diajar pada Rasul yang paling mulia, dipersembahkan oleh malaikat yang paling mulia, diwariskan di daerah yang paling mulia di muka bumi, diwariskan pula di bulan yang mulia yakni bulan Memudahkan. Dari bermacam-macam sisi itu, kita dapat mengevaluasi bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

7. Penerjemahan Arab merupakan bahasa yang lurus
Allah SWT mengucapkan bahwa bahasa Arab gampang dipahami dan gampang diterapkan sebagai peraturan bagi manusia. Allah mengucapkan sendiri,

Sebagaimana diceritakan dalam Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, Al-Qur’an diwariskan dengan bahasa Arab yakni bahasanya orang Quraisy yang tiap orang gampang memahaminya.

8. memahami Al-Qur’an
Manfaat mempelajari bahasa Arab yang berikutnya merupakan mempermudah dalam memahami, menghafalkan isi dari Al-Qur’an. Umat Islam dengan mempelajari bahasa Arab juga bisa mengajari serta mengamalkan isi Al-Qur’an dengan lebih gampang. Sebab itulah Allah memberikan keutamaan dalam bahasa Arab supaya kita bisa memahami Islam lebih bagus via Al Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.