Lompat ke konten
Beranda » Beragam Jenis Jenis Beasiswa

Beragam Jenis Jenis Beasiswa

  • oleh
Beragam Jenis Jenis Beasiswa

Beragam Jenis Jenis Beasiswa – Apakah kamu sedang bingung mencari-cari beasiswa apa yang kira-kira bisa kamu daftarkan? Mendapatkan beasiswa mempunyai banyak manfaat dan keunggulan, lho. Namun sebelum mendaftar, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu bahwa terdapat beberapa macam beasiswa.Mengenal macam-macam beasiswa kuliah akan berguna bagi kamu untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki. Untuk itu, mari kita kenali beasiswa dari sumber pembiayaan, bentuk pembiayaan, dan cakupan pembiayaan. Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari  ackack .

Pemerintah

KIP Kuliah adalah beasiswa untuk mahasiswa S1 dari pemerintah, melalui Kemendikbud. Ada pula beasiswa kuliah yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial beberapa waktu lalu, LPDP. Beasiswa ini juga merupakan beasiswa kuliah Program Magister dan Doktoral dari pemerintah, melalui Kemenkeu. Pada intinya, beasiswa pemerintah dapat kita peroleh melalui berbagai institusi atau lembaga pemerintahan.

Swasta

Beasiswa Djarum, yang sempat disinggung di awal, termasuk beasiswa kuliah dari pihak swasta, Sobat Pintar. Nama resmi beasiswa yang dikelola oleh Djarum Foundation ini adalah Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa kuliah di Indonesia yang disponsori oleh swasta cukup banyak, antara lain Beasiswa BCA, beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, hingga beasiswa dari perusahaan seperti PT Cloud Hosting Indonesia. Jenis beasiswa kuliah ini biasanya merupakan bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan.

Negara Donor

Banyak negara maju yang menyediakan beasiswa kuliah bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang. Dua yang cukup populer dari jenis beasiswa kuliah ini ialah Fullbright dan Chevening, masing-masing dari Amerika Serikat dan Inggris. Masih banyak negara-negara maju lainnya yang menawarkan beasiswa kuliah bagi calon mahasiswa dari Indonesia loh, Sobat.

Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ini mensyaratkan para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa) sebagai hubungan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, biasanya kamu akan diwajibkan untuk bekerja di instansi atau perusahaan sponsor dalam jangka waktu tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.