Tips Memulai Awal yang Baik Untuk Menjadi Mahasiswa Baru

Tips Memulai Awal yang Baik Untuk Mahasiswa Baru – Pada perguruan tinggi kalian pasti akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan rumah dan lebih sedikit pengawasan dari orang tua dan dosen. Terserah kamu  jika dalam menyusun waktu dan rutinitas belajar Anda sendiri, dan bagaimana Anda melakukannya membuat semua perbedaan dalam seberapa sukses Anda nantinya.

Kebiasaan belajar yang efektif untuk Anda — realistis tentang kekuatan dan kelemahan Anda — akan meninggalkan ruang pikiran yang tersedia untuk alasan Anda pergi ke sekolah: untuk belajar. Berikut beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Baru:

Beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Baru

– Bersikaplah realistis tentang waktu.

Jika kamu adalah mahasiswa baru perguruan tinggi, periksa jadwal Anda sehingga Anda akan mengetahui rute terbaik ke kelas dan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk sampai di sana.

– Beli kalender akademik untuk menulis tugas dan jadwal kelas Anda.

Biasakan menulis tugas di dalamnya saat Anda masih di kelas, saat guru sedang menulis atau membagikannya, untuk mengurangi risiko Anda akan lupa.

-Tandai blok waktu untuk setiap tugas.

Biasakan mengatur waktu tugas Anda sehingga Anda dapat memperkirakan secara realistis berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk, misalnya, mengerjakan soal matematika atau menulis esai atau membaca 50 halaman. Dengan cara ini, Anda akan segera dapat menandai blok tersebut secara akurat.

– Rencanakan potongan waktu

Hal ini akan menurunkan resistensi Anda untuk bekerja dan Anda akan mendapatkan penguatan positif setiap kali Anda menyelesaikan sepotong.

– Gunakan kode warna untuk setiap mata pelajaran.

Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat sekilas kelas mana yang paling membutuhkan perhatian pada hari, minggu, atau bulan tertentu. Warna berfungsi sebagai “pembuka mata” untuk memusatkan perhatian Anda pada apa yang perlu dilakukan.

– Jadwalkan waktu pribadi serta waktu kerja di perencana Anda.

Penting untuk menyisihkan waktu untuk hal-hal yang ingin Anda lakukan, sehingga Anda tahu bahwa pekerjaan sekolah tidak menghilangkan semua kesenangan dari hidup Anda. Jika aktivitas Anda memiliki “ruang sendiri”, Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk bersenang-senang untuk melakukan pekerjaan Anda. Ada waktu untuk keduanya!

-Jadwalkan akhir pekan serta hari kerja.

Jika Anda menyisihkan waktu untuk bekerja selama akhir pekan, Anda akan melihat dengan jelas bahwa ada banyak waktu tersisa untuk hal lain yang ingin Anda lakukan.

– Bersikaplah realistis tentang kapan Anda akan bangun.

Jangan menjadwalkan blok besar waktu belajar untuk 8-11 Sabtu pagi jika Anda pada dasarnya tidak pernah bangun pada waktu itu. Jika Anda berhasil bangun, Anda akan kesal karena tidak cukup tidur; jika tidak, Anda akan merasa tidak enak karena terlalu banyak tidur.

– Bersikaplah strategis dalam bekerja dan bermain.

Jika Anda akan makan malam dan menonton film bersama teman-teman pada Sabtu malam, pesanlah pukul 1-4 sore untuk belajar. Anda akan memiliki insentif untuk berkonsentrasi saat Anda bekerja, dan setelah itu akan dapat pergi keluar tanpa khawatir tentang pekerjaan.

Baca Juga: Cara Mendaftar di Universitas Terbuka Tahun 2022

– Jadwal istirahat.

Beri diri Anda istirahat setiap setengah jam saat Anda bekerja, tetapi jangan melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda tertarik, seperti memeriksa email atau berbicara di telepon. Lakukan sesuatu yang bersifat fisik — tembak beberapa rintangan atau bereskan tempat tidur atau dapatkan camilan — tetapi sesuatu yang dapat Anda kendalikan.

– Atur lingkungan Anda agar bekerja untuk Anda.

Siapkan ruang untuk bekerja dengan perlengkapan lengkap; ini akan menjadi penghemat waktu dan energi yang nyata dan akan membantu mencegah penundaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.