Perkembangan Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa

Indonesia menjadi satu diantara negara kepulauan paling besar di dunia. Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau dan cuma sekitaran 7.000 pulau yang memiliki penghuni. Secara astronomi, letak Indonesia dijepit oleh dua benua yakni Benua Asia dan Australia dan dua samudra yakni Samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia populer dengan sumber daya alam (SDA) yang berlimpah ruah setiap daerahnya. Oleh karenanya, pada jaman dulu Indonesia dicari oleh beberapa bangsa barat cuma untuk kuasai hasil rempah dan memperbudak mereka, beberapa salah satunya yakni Portugis, Belanda, Inggris, Jepang. Dari jaman saat sebelum merdeka sampai saat ini kita telah mengenali mengenai istilah pendidikan. Tetapi, pendidikan di Negara Indonesia pada jaman dulu buruk sekali.Berikut ini ackack.net akan membagikan informasi selengkapnya tentang perkembangan pendidikan indonesia dari masa ke masa. Yuk kita simak info selengkapnya.

Perubahan pendidikan di Indonesia memang melalui jalan yang paling panjang.Dari hari ke hari ada alih bentuk pendidikan supaya arah pendidikan di Indonesia jadi lebih baik kembali.Alih bentuk pendidikan di Indonesia umumnya mulai dilaksanakan dari kurikulum yang dipakai, tehnik edukasi guru, langkah terhubung pelajaran dan lain-lain. Dapat disebut pendidikan di Indonesia saat ini telah lebih bagus, ditambah dengan kehadiran tehnologi yang makin hebat.Untuk kamu yang belum ketahui perubahan pendidikan di Indonesia dari hari ke hari seharusnya baca ulasannya di bawah ini.

Mengulas perubahan pendidikan di Indonesia, sama dengan mengulas riwayat panjang perjalanan bangsa ini semenjak zaman penjajahan. Pada periode lalu, walau masih dengan status sebagai negara jajahan, pendidikan di Indonesia telah terlaksana dengan mode yang bermacam. Pemerintahan Belanda pada periode itu mengadakan pendidikan sesuai “versinya”, walau di saat yang bertepatan pendidikan tradisionil juga terlaksana di Indonesia lewat pendidikan berbasiskan agama seperti pesantren. Pada periode kependudukan Jepang, perubahan pendidikan masih tetap berjalan dengan peralihan beberapa peraturan supaya sesuai wataksitik pemerintah saat itu. Sesudah Indonesia merdeka, mekanisme pendidikan di Indonesia mulai dibenahi oleh pemerintahan walau dalam prosesnya kadang masih diwarnai oleh masuknya kebutuhan-kepentingan tertentu.

Baca Juga : Konsep Pendidikan Multikultural di Institusi Pendidikan Modern

Sampai sekarang ini, pendidikan di Indonesia masih berkembang, bersamaan dengan perubahan ilmu dan pengetahuan dan tehnologi yang langsung memengaruhi penyelenggaraan pendidikan. Contoh-contoh perubahan dalam pendidikan yang dikuasai oleh perubahan ilmu dan pengetahuan dan tehnologi salah satunya ialah perubahan media dan sumber belajar, perubahan kurikulum, dan akses belajar yang makin gampang. Tetapi hal itu tidak berarti peningkatan pendidikan di Indonesia dicukupkan sampai tahapan ini saja. Ada banyak pekerjaan dan tugas rumah yang penting ditangani untuk tingkatkan servis pendidikan. Hingga nanti semua daerah Indonesia baik yang ada di perkotaan atau di beberapa daerah mempunyai sarana pendidikan yang rata.

1.Kurikulum Rentjana Pelajaran Tergerai 1952

Ingat kurikulum pada era sebelumnya belum terpusat pada mata pelajaran lain selainnya pembangunan karakter, di masa ini beberapa faktor ditingkatkan. Pada masa ini dibuat silabus atau gagasan evaluasi dengan tenaga pengajar mengajari detil mata pelajaran ke peserta didik.

2.Kurikulum Rentjana Pendidikan 1964

Memperbaiki pada kurikulum awalnya, kurikulum pendidikan di Indonesia di tahun ini, pemerintahan mempunyai arah untuk memberi pembekalan akademis dan non akademis pada tingkatan sekolah dasar. Dengan arah itu, lahirlah program Pancawardhana yakni barisan lima sektor study yang mencakup peningkatan kepribadian, keprigelan atau ketrampilan, jasmani, dan emosional.

3.Kurikulum 1968

Kurikulum di tahun ini diprioritaskan pada pembangunan bangsa Indonesia yang berjiwa Pancasila sejati. Yang mana jiwa Pancasila yang diartikan ada warga yang sehat, kuat, pintar, berakhlak, dan kepercayaan akan beragama yang diyakini.Selainnya jalankan mekanisme pendidikan berjiwa Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 ialah dasar yang lain dipakai untuk kurikulum ini. Beberapa karakternya mencakup arah aktivitas yang tingkatkan kepandaian dan ketrampilan, dan peningkatan jasmani yang kuat dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.