Lompat ke konten
Beranda » Perbedaan Politeknik Dan Universitas Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Politeknik Dan Universitas Yang Perlu Diketahui

  • oleh

Perbedaan Politeknik Dan Universitas Yang Perlu Diketahui – Setelah lulus SMA, siswa bisa memilih melanjutkan pendidikan di universitas maupun politeknik. Keduanya sama-sama menawarkan kualitas pendidikan yang membekali Kamu untuk bekerja di masa depan. Agar bisa mantap menentukan pilihan, berikut ini adalah 10 perbedaan politeknik dan universitas yang penting untuk diketahui ackack.net.

Perbedaan Politeknik Dan Universitas

1. Pendidikan

Perbedaan utama antara universitas dan politeknik adalah pendidikan yang diberikan. Politeknik memberikan pendidikan vokasi sementara universitas menyediakan pendidikan dari jenjang diploma, sarjana, hingga pascasarjana.

2. Jalur Masuk

Metode penerimaan untuk kedua jenis sekolah ini juga berbeda. Universitas menyediakan jalur masuk berupa SNPMTN dan SBMPTN. Sementara itu politeknik menyediakan jalur masuk berupa Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), serta ujian mandiri

3. Fokus Pendidikan

Politeknik menyediakan pendidikan yang berfokus pada satu bidang ilmu. Politeknik sudah memiliki jurusan ilmu yang spesifik. Sementara itu universitas menyediakan banyak sekali pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

4. Materi Perkuliahan

Mahasiswa yang berkuliah di politeknik akan mendapatkan materi kuliah dengan proporsi jumlah praktik lebih banyak dari teori. Sementara itu mahasiswa di universitas mendapatkan porsi teori yang lebih banyak dari praktik, karena memang lebih fokus pada pemahaman materi.

5. Sistem SKS

Perbedaan berikutnya adalah sistem SKS yang berlaku. Di universitas, Kamu harus mencapai target nilai tertentu agar bisa mengambil SKS maksimal. Sementara itu untuk politeknik menerapkan sistem paket per semester dimana mahasiswa tak perlu mengambil SKS.

6. Waktu Lulus

Penerapan sistem SKS di universitas menyebabkan waktu lulus mahasiswa sangat bervariasi. Ada yang lulus tepat waktu tapi ada juga yang tidak. Sementara itu, mahasiswa politeknik bisa lulus tepat waktu karena memang sudah ditawarkan program paket setiap semester.

7. Perolehan Gelar

Salah satu perbedaan politeknik dan universitas adalah jenis gelar yang akan diperoleh mahasiswa tersebut. Lulusan politeknik akan mendapat gelar A.md atau ahli madya di program D3 dan gelar S.ST atau Sarjana Sains Terapan di program D4. Sementara itu lulusan universitas bisa mendapatkan gelar D3 dan sarjana.

8. Kesiapan Mahasiswa

Dua lembaga pendidikan ini membentuk mahasiswa mereka dengan cara yang berbeda. Lulusan politeknik cenderung lebih siap untuk menghadapi lingkungan kerja karena memang dipersiapkan untuk hal tersebut.

9. Lingkup Bidang Ilmu

Jika ingin berkuliah di politeknik, maka Kamu harus menentukan pilihan bidang ilmu yang ingin didalami. Politeknik sudah menawarkan satu saja bidang ilmu kepada masyarakat. Sementara itu untuk universitas, lingkup bidang ilmu yang dipelajari sangat luas dan terbagi ke dalam fakultas serta jurusan.

10. Tipe Mahasiswa

Peminat untuk kedua jenis sekolah ini juga berbeda. Peminat politeknik biasanya cenderung punya cita-cita yang jelas dan mengutamakan ilmu praktik. Sementara itu, peminat universitas biasanya unggul di bidang pemahaman materi dan terkadang masih samar menentukan cita-cita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.