Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro di Era Industri Modern

Pemilihan jurusan kuliah menjadi permasalahan tersendiri yang dialami oleh calon mahasiswa baru. mengikuti perkembangan jaman tentu akan semakin banyak beberapa jurusan yang akan memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Sebuah pembahasan yang sering terjadi pada mahasiswa awal hingga tingkat akhir ketika mereka selesai menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Kebanyakan dari mereka bingung kemana mereka harus berkarir dan bekerja khususnya bagi mereka yang memilih Jurusan Teknik Elektro ackack.net. Sebuah pembahasan yang tak jarang terjadi pada mahasiswa tingkat akhir dikala mereka selesai memecahkan studi di perguruan tinggi.

Berkarir di Perusahaan Terbaik Sesuai Jurusan Teknik Elektro

Kemana mereka patut berkarir ataupun kesempatan kerja apa yang dapat mereka temukan sesudah lulus dari Jurusan Teknik Elektro. Tak perlu takut, sebab Jurusan Teknik Elektro dari dahulu yakni jurusan yang mempunyai kesempatan kerja yang amat tinggi. Apalagi era industri 4.0 seperti ketika ini yang serba IT dan IoT. Banyak perusahaan yang memerlukan bakat elektro bagus perusahaan BUMN, Swasta, ataupun perusaan Startup bebasis IoT yang sedang menjamur ketika ini.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Terbaik Yang Menjadi Unggulan di Indonesia

Kesempatan Kerja Jurusan Teknik Elektro

Baiklah berikut sebagian pekerjaan dan kesempatan kerja dari Jurusan Teknik Elektro :

1. Product Engineer

Divisi Product Engineer lazimnya menangani product atau mengerjakan riset teknologi yang akan diterapkan nantinya pada product akan datang. Penulis sendiri dahulu masuk dalam divisi ini pada ketika magang di salah satu perusahaan elektronika di bandung, dari sini permulaan penulis mempunyai ilmu mengenai ESP8266.

Umumnya divisi product ini menangani banyak bidang seperti kontrol, komunikasi, automasi, ataupun IoT tergantung pada produk dan proyek yang dikelola oleh perusahaan hal yang demikian.

2. Production Engineer

Production Engineer mungkin sedikit terdengar sama dengan product engineer melainkan ada sebagian hal yang mungkin sedikit berbeda, dimana pekerjaan ini lebih mengarah ke managerial dan bukan komponen produksi lantas.

Pekerjaan ini bertanggung jawab atas rekayasa pelaksanaan pada produksi, mempertimbangkan sasaran produksi menurut permintaan dengan memandang kapasitas mesin dan operator produksi, merencanakan dan rekayasa menu produksi pada tiap-tiap pelaksanaan produksi dan sebagainya

3. IoT Engineer

Divisi IoT Engineer yakni pekerjaan yang sedang banyak menjamur ketika ini, divisi ini lazimnya menangani berhubungan teknologi IoT seperti komunikasi alat dengan aplikasi, automation system, monitoring alat yang berhubungan dengan banyak modul dan sensor.

Divisi ini lazimnya diisi oleh fokus elektro arus lemah ataupun telekomunikasi. Ada sebagian Perusahaan Startup yang mengusung teknologi IoT seperti membikin alat untuk meningkatkan panen ikan, monitoring traffic light dan sebagainya.

4. Modernization Manufacturer

Profesi untuk Modernization Manufacturer cukup menarik, sebab disini kita bertugas untuk memaksimalkan atau membikin modern sebuah alat yang tadinya masih menerapkan cara lama menjadi berbasis IoT seumpama.

Berdasarkan sumber salah satu engineer di perusahaan manufaktur di tempat subang ini, ia mengerjakan sejenis pengembangan system otomasi berbasis IoT pada mesin jahit dan mesin cutting. Melainkan ini hanyalah salah satu teladan, sebab produk tiap-tiap perusahaan akan berbeda.

5. Network Engineer

Dikala kalian masuk kedalam divisi Network Engineer, kalian akan banyak bermain dengan cara komunikasi berhubungan dengan TCP/IP. Umumnya pekerjaan ini dipengang oleh jurusan telekomunikasi, teknik informatika, dan Teknik Komputer Jaringan.

Kalian patut mempunyai pemahan mengenai OSI layer, routing, dan juga Online protokol. Sebab divisi ini akan lebih banyak mengurusi masalah mengenai perangkat jaringan dan juga komunikasi dunia maya.

6. NOC (Network Operation Center)

Kalau kau masuk kedalam pekerjaan NOC, kau akan menerima jobdesk untuk mengerjakan manajemen jaringan mulai dari mengawasi keamanan jaringan, kinerja jaringan, server dan mengecek tiap-tiap masalah yang timbul yang memerlukan penanganan khusus.

Umumnya profesi ini digeluti oleh jurusan telekomunikasi, mungkin profesi ini mempunyai sebagian kesamaan dengan network enginner. Cuma saja NOC lebih komplek lagi.

7. Trainer

Kecuali ketimbang menjadi komponen dari engineer, alumnus dari Teknik Elektro ini dapat juga menjadi seorang Trainer. Berdasarkan sumber yang penulis bisa, rata-rata alumnus yang menerima profesi di lahan tambang kalimantan ini memperoleh jobdesk menjadi trainer.

Nantinya mereka akan ditraining terpenting dulu sampai ilmunya memumpuni, sesudah itu mereka akan menjadi trainer/instruktur untuk pegawai baru yang masuk pada perusahaan hal yang demikian.upun peluang kerja apa yang bisa mereka dapatkan setelah lulus dari Jurusan Teknik Elektro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.