Jurusan Sastra Indonesia, Mata Kuliah dan Kesempatan Kerja

Jurusan Sastra Indonesia sering dianggap akan menjadi Calon sastrawan, kumpulan orang-orang introvert, atau sekelompok orang yang punya hobi membaca dan menulis? Bila itu yang ada dipikiranmu, karenanya kau nggak sepenuhnya salah. Ingat, nggak sepenuhnya, ya, berarti masih ada pemikiran yang kurang pas di sana.

Ya, memang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia dituntut terbiasa untuk membaca dan menulis. Beberapa dari mereka malah mungkin saja berkepribadian introvert. Ada juga alumnus jurusan ini yang menjadi sastrawan besar, seperti Sapardi Djoko Damono. Meski semacam itu, sebetulnya eksistensi jurusan ini bukan untuk mencetak sastrawan, lho!

“Namun ‘kan nama jurusannya ada sastranya.”

Iya, betul, sih. Melainkan, Jurusan Sastra Indonesia nggak melulu soal sastra dan lulusannya nggak senantiasa jadi sastrawan kok. Penasaran? Baca tulisannya hingga akhir ackack.net, ya!

Mengetahui Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia ialah jurusan yang mempelajari semua hal berhubungan bahasa, sastra, dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Yaps, itulah tiga aspek utama yang akan ditelaah oleh mahasiswanya. Dikala masuk jurusan ini, kau akan dilatih untuk trampil dalam membaca, menulis, menyimak, dan mengobrol. Jadi, semacam itu lulus dari jurusan ini, kau udah punya modal, adalah ketelitian dan kecakapan komunikasi untuk masuk ke dunia kerja, lho!

Eits, nggak hanya itu saja. Energi analitik , pemikiran kritis, sampai pengetahuanmu seputar adat istiadat, sosial, dan sejarah juga akan diuji. Makanya, di Jurusan Sastra Indonesia memperbanyak bacaan merupakan koentji. Jadi, bagi kau yang menyenangi membaca, hobi menulis, dan bersuka cita mengobrol bakal sesuai banget nih masuk Jurusan Sastra Indonesia. Gimana, udah beratensi belum?

Mata Kuliah Jurusan Sastra Indonesia

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia senantiasa berhubungan dengan tiga aspek tadi, adalah bahasa, sastra, dan adat istiadat. Oke, kita bahas sebagian mata kuliahnya, ya.

Pada permulaan perkuliahan, kau akan belajar mata kuliah dasar, seperti Pengantar Kesusastraan, Pengantar Linguistik Lazim, dan Pengantar Filologi. Nggak hanya itu, ada juga lho mata kuliah menarik yang dikasih oleh sebagian universitas, yakni bahasa asing dan bahasa lampau. Contohnya, Bahasa Arab, Bahasa Belanda, Bahasa Sansekerta, Bahasa Jawa Kuno, dan Bahasa Melayu Klasik. Hayoo, kau pasti kepo ‘kan mengapa belajar seluruh itu? Alasannya, bahasa-bahasa hal yang demikian ialah bahasa yang memengaruhi eksistensi bahasa Indonesia lho! Menarik, ‘kan?

Jurusan Sastra Indonesia

Kecuali itu, ada juga mata kuliah yang benar-benar berhubungan dengan ketiga aspek tadi. Apa saja, ya? Ada Fonologi, Morfologi, Semantik, Sintaksis, Semiotika, Kritik Sastra, Folklor, Kebudayaan Indonesia, dan sebagainya. Wah, nama mata kuliahnya bikin kening berkerut, ya?

Baca Juga : Jurusan Ilmu Ekonomi : Punya Prospek Kerja Menjanjikan

Oh iya, kau pasti tahu dong bahasa, sastra, dan adat istiadat erat kaitannya dengan manusia. Sebab hal itu, banyak ilmu interdisipliner yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia. Semisal, Sosiolinguistik dan Sosiologi Sastra yang berhubungan dengan Ilmu Sosiologi. Kecuali itu, ada Psikolinguistik dan Psikologi Sastra yang berhubungan dengan Ilmu Psikologi. Wih, mantap nggak tuh? Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui ini mah!

Kemudian menuju semester “tua”, adalah semester 4 atau 5 kau akan dihadapkan dengan alternatif peminatan. Kau masih ingat ‘kan aspek yang ditelaah di Jurusan Sastra Indonesia? Nah, biar lebih konsentrasi, karenanya kau akan dikasih kebebasan memilih peminatan yang pantas dengan keinginanmu. Lazimnya, ada tiga peminatan yang ditawarkan, yakni Linguistik, Sastra, dan Filologi.

“Hah, apaan tuh?”

Hmm… masih asing, ya? Oke, saya beri bocoran, deh. Pada peminatan Linguistik kau akan mempelajari seluk-beluk bahasa, peminatan Sastra akan belajar semua hal seputar sastra, walaupun peminatan Filologi akan membuatmu belajar menganalisis naskah kuno.

Peminatan Jurusan Sastra Indonesia

Kecuali alternatif peminatan, kau juga dikasih kans untuk memilih pelbagai mata kuliah alternatif, lho! Mata kuliah ini dapat menambah pengetahuan serta memacu kemampuanmu di suatu bidang. Makanya, kau seharusnya memilih mata kuliah yang pantas dengan ketertarikan, talenta, dan impianmu di masa depan. Ya, siapa tahu saja ‘kan sesudah lulus, kau dapat berprofesi di bidang yang pantas dengan mata kuliah alternatif yang kau ambil?

Tiap universitas menyediakan mata kuliah alternatif yang bervariasi. Melainkan, ada sebagian mata kuliah alternatif yang paling eksis di tiap-tiap universitas di Indonesia, adalah Jurnalistik, Alih, Kepenyiaran, Kehumasan, Sinematografi, dan lain-lain.

Kesempatan Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Seandainya Jurusan Sastra Indonesia nggak hanya belajar sastra, namun juga bahasa dan adat istiadat. Perlu diketahui dengan peminatan yang ada di jurusan ini. Pun, Sastra Indonesia juga menyediakan mata kuliah alternatif yang berkhasiat untuk pengetahuan dan kecakapan mahasiswanya. Menurut hal itu, karenanya akan banyak Kesempatan kerja untuk alumnus Jurusan Sastra Indonesia. Mulai dari penyiar, jurnalis sampai copywriter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.