Jurusan Ekonomi Pembangunan Dengan Rasa Sains Teknologi

Kuliah ekonomi pembangunan memang lekat dengan ilmu sosial, tetapi tidak lepas sepenuhnya dari akal dan hitungan. Ekonomi dan studi pembangunan yakni bidang yang sungguh-sungguh vital, terutamanya bagi negara berkembang seperti Indonesia. Siapa sih yang tidak tahu Ibu Menkeu kita dikala ini? Beliau, Ibu Sri Mulyani, yakni alumni Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Indonesia ackack.net.

Jurusan yang juga diketahui dengan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini memang menawarkan prospek yang moncer. Jangan disangka cuma Sobat dari kelas IPS yang pengin kuliah ekonomi dan studi pembangunan. Sobat dari kelas IPA malahan tidak sedikit yang lintas jurusan demi kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan

Apabila ditanya apa alasan memilih Jurusan ini, jawaban kita pasti berbeda-beda. Ada Sobat yang memang beratensi dengan dunia perkuliahan Jurusan Ekonomi Pembangunan. Beberapa lagi ada yang melirik prospek kerja ekonomi pembangunan, yang memang cukup banyak ditemukan di posisi-posisi strategis.

Baca Juga : Jurusan S2 yang Paling Diperlukan Dunia Kerja Saat Ini

Seperti Ibu Menkeu kita kini, jebolan Jurusan Ekonomi & Pembangunan banyak yang berkarier di instansi pemerintah, institusi penelitian, badan usaha negara, ataupun sektor swasta. Mereka yakni praktisi sekalian pemikir dan perancang perekonomian yang ikut mempertimbangkan arah perkembangan pembangunan. Bagaimanapun juga, pengetahuan dan keahlian di Jurusan Ekonomi & Pembangunan memang sungguh-sungguh kita butuhkan dikala ini.

Sayangnya, tidak tiap-tiap kita layak dengan dunia perkuliahan. Padahal berada di rumpun Soshum, ekonomi dan studi pembangunan sesungguhnya lebih banyak bersinggungan dengan hitung-menghitung. Jika Sobat piawai Matematika, menyukai statistik, teliti menelaah angka dan kurva, besar kemungkinan Jurusan Ekonomi memang layak buatmu.

Apa Yang Dipelajari

Matematika dan statistik bukan hal yang baru buat Sobat dari kelas IPA. Itulah sebabnya mengapa Jurusan ini punya taste IPA-nya rumpun Soshum. Jika seperti itu, apa yang dipelajari ?

Biar Sobat menerima ilustrasi yang lebih utuh perihal jurusan ini, lihat dahulu deh, sebagian mata kuliah berikut ini.

Matematika Ekonomi dan Keuangan

Ekonometrika

Cara Keuangan

Perekonomian Indonesia

Manajemen Perbankan

Valuasi Korporat

Norma Ekonomi

Teori Ekonomi Makro

Teori Ekonomi Mikro

Sejarah Pemikiran Ekonomi

Ekonomi Internasional

Ekonomi Pertanian

Ekonomi Publik

Ekonomi Regional

Ekonomi Moneter

Ekonomi Kependudukan

Evaluasi Proyek Pembangunan

Ekonomi Perencanaan

Perlu diingat, silabus ekonomi pembangunan di tiap-tiap kampus tidak persis sama. Melainkan besar kemungkinan mata kuliah ekonomi pembangunan yang dipelajari takkan melenceng terlalu jauh dari daftar di atas.

Dari figur silabus di atas, terang bahwa apa yang dipelajari Jurusan ini tidak dapat dikotak-kotakkan antara ilmu ekonomi dan hitung-hitungan. Bagaimana bila Sobat tidak terlalu merajai keduanya?

Tidak merajai bukan berarti tidak cakap kan, Sobat? Pada dasarnya dunia perkuliahan sendiri dirancang untuk menyiapkanmu merajai bagus ilmu ekonomi ataupun akal matematis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.