Inilah 8 Daftar Universitas Terbaik di Papua

Apa saja universitas atau kampus negeri dan swasta terbaik yang bisa kita temukan di Papua? Papua merupakan salah satu pulau terbesar di dunia dan memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah.

Perguruan tinggi di Papua juga tidak kalah kualitasnya jika dibandingkan dengan kampus-kampus di daerah lain di Indonesia. Hanya saja akses dan fasilitasnya bisa dibilang masih tertinggal. Jika Anda memang tinggal di sana, maka lebih baik melanjutkan studi di dekat kota Anda, tanpa harus merantau ke pulau lain.

Kampus Terbaik Papua

Selain itu, masyarakat Papua juga harus bisa berkontribusi kembali ke daerahnya masing-masing. Menjadi lulusan perguruan tinggi sudah bisa berkontribusi di daerahnya masing-masing, sehingga daerah Papua bisa lebih maju dan lebih baik lagi. Nah, ini dia beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang bisa kamu rekomendasikan untuk kuliah di Papua, check this out!

1. Universitas Papua

UNIPA pertama kali didirikan pada tanggal 10 November 1962 yang lalu. Universitas ini kini memiliki beberapa arsitektur yang cukup lengkap yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Administrasi dan Administrasi, serta Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Pengembangan UNIPA melalui penataan kelembagaan dan organisasi, penataan program studi dan jurusan, pemantapan kelembagaan dan program studi, pengembangan fasilitas fisik, penetapan rencana pengembangan fasilitas fisik dan tahap kemandirian UNIPA

2. Universitas Kasuari

Universitas Kasuari terletak di kota Manokwari. Tidak ada informasi lebih detail tentang sejarah dan daftar serta jurusan yang tersedia di perguruan tinggi ini.

Karena hingga artikel ini ditulis, Mimin Kosngosan tidak mendapatkan informasi apapun tentang kampus ini. Jika Anda mengetahui informasinya, Mimin akan dengan senang hati memperbarui posting ini. Anda dapat menghubungi saya di halaman kontak.

3. Politeknik Negeri Fak Fak

POLINEF didirikan di Papua Barat pada tanggal 18 Oktober 2012 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2012 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kelola Politeknik Negeri Fakfak.

Kegiatan akademik di Politeknik ini dimulai pada tahun 2013 dengan melaksanakan pendidikan vokasi melalui program studi DIII dengan tiga program studi unggulan yaitu Teknik Sipil, Teknik Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin serta Manajemen Informatika. Kemudian ada dua program studi baru yaitu Teknik Elektro dan Agroindustri.

4. Institut Seni Budaya Indonesia, Tanah Papua

ISBI ​​Tanah Papua merupakan salah satu universitas terbaik di pulau Papua. Pada awalnya kampus ini memiliki 5 program studi, yaitu Program Studi Seni Tari, Program Studi Seni Musik, Program Studi Seni Rupa, Program Studi Seni Kriya, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual. Prodi tersebut merupakan cikal bakal program studi ISBI Tanah Papua dari 12 prodi yang akan diselenggarakan.

Jadi kalau kamu memang punya passion di bidang seni, tidak ada salahnya mendaftar sebagai mahasiswa di ISBI. Universitas ini mengemban misi menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan mengembangkan potensi dan pluralitas seni dan budaya lokal dan nasional untuk membangun identitas masyarakat sehingga memiliki daya saing global.

5. Universitas Cendrawasih

Uncen adalah kampus tertua di pulau Papua. didirikan pada tanggal 10 November 1962, di kota baru atau sebagai kota Jayapura saat ini. Uncen saat ini memiliki 9 Fakultas dengan 51 Program Studi dan juga Program Pascasarjana dengan 21 Program Studi dan terletak di dua kampus yaitu kampus Abepura dan kampus Waena.

Lulusan Uncen mencapai 50.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Yang istimewa, Papua saat ini dipimpin oleh lulusan Uncen.

6. Universitas Musamus Merauke

Disingkat UNMUS Merauke, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Papua. Awalnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Merauke (STTM) yang berdiri pada 26 Januari 2001 silam.

Perguruan tinggi ini memiliki beberapa fakultas yaitu Fakultas Pertanian yang terdiri dari Agroteknologi, Teknik Pertanian, Agribisnis, Peternakan dan Manajemen Sumber Daya Pertanian. Ada juga Fakultas Hukum yang terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum. [Teknik yang terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Sistem Informasi.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari program studi Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Administrasi Negara. Dan ada juga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.