Daftar Kuliah Kedokteran Gigi Terbaik Se-Indonesia

Pilih universitas untuk kuliah Kedokteran Gigi tidak hanya cukup berpatok padapopularitas universitasnya, lho. Legalisasi jurusan – lebih dikenali sebagai fakultas (Fakultas Kedokteran Gigi) – tidak kalah penting. Mengapa sich, perlu kuliah Kedokteran Gigi dijurusan yang terakreditasi A? Berikut ini ackack.net sudah merangkum serangkaian informasi tentang daftar kuliah kedokteran gigi terbaik di Indonesia.Mari kita simak info selengkapnya.

Argumen khusus kuliah di FKG terakreditasi A ialah keringanan dalam memperoleh tugas. Bahkan juga, jika kamu ingin jadi Karyawan Negeri atau bekerja di lembaga Kepolisian atau militer, legalisasi FKG-mu bakal menjadi pemikiran yang penting – bisa saja semenjak tahapan penyeleksian arsip.

Argumen selanjutnya mengapa jadi alumni FKG terakreditasi A itu wajib ialah pendidikan specialist. Bila ingin ambil spesialis Kedokteran Gigi, legalisasi alma mater jadi pemikiran penting dalam akseptasi mahasiswa. Bahkan juga, cuma FKG dengan legalisasi A saja yang punyai ijin untuk mengadakan pendidikan specialist.

Jelas sudah kan, mengapa kamu harus kejar tuch FKG yang punyai legalisasi A? Trus, kampusnya yang mana? Oke dech, kita tolong buat gabungan universitas mana saja, baik PTN atau PTS, yang punyai FKG dengan legalisasi A.

1. Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta

Awalnya dibangun di tahun 1962, FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo betul-betul serius menyiapkan proses legalisasinya. Kesungguhan itu diperlihatkan karena ada rumah sakit mulut dan gigi, 70 dosen, empat guru besar, 21 ruangan kuliah, dan 128 dental unit.

2. Universitas Hang Tuah, Surabaya

FKG di universitas yang ‘dibidani’ oleh TNI Angkatan Laut ini terbagi dalam Program Study Pendidikan Dokter Gigi dan Karier Dokter Gigi. Legalisasi A yang didapatnya belakangan ini mulainya berlaku – persisnya di bulan September 2018.

Baca Juga : Negara dengan Jurusan Kuliah Bisnis sampai Kedokteran Terbaik Dunia

3. Universitas Sumatera Utara, Medan

FKG USU berdiri di tahun 1961, sebagai yang pertama di luar Jawa. Sekarang ini, FKG dengan legalisasi A ini terbagi dalam 10 departemen, yakni Departemen Pengetahuan Kedokteran Gigi Penangkalan/ Kesehatan Gigi Warga, Pengetahuan Material dan Tehnologi, Biologi Oral, Kesehatan Gigi Anak, Pengetahuan Penyakit Mulut, Periodonsia, Pengetahuan Pelestarian Gigi, Pengetahuan Bedah Mulut, Prostodonsia, dan Ortodonti. Disamping itu, masih ada juga beberapa UPT (Unit Eksekutor Tehnis) dan satu Unit Radiologi Dental.

4. Universitas Hasanuddin, Makassar

Universitas yang berdiri pada 1956 ini punyai FKG sekitaran 13 tahun selanjutnya, persisnya pada 1963. Sebelumnya, FKG Unhas ialah Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso Makassar – institut kerja sama Unhas dengan TNI AL. Sekarang mempunyai status sebagai fakultas semenjak 1983, FKG Unhas sudah terakreditasi A semenjak 2016.

5. Universitas Jember, Jember

FKG Unej terbagi dalam Program Study Pendidikan Dokter Gigi dan Karier Dokter Gigi. Legalisasi A yang didapatnya di tahun 2016 berlaku sampai 2021. Perlu kamu ketahui, FKG Unej ini masuk ke 10 besar jurusan terbaik di Indonesia.

6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul

Berlainan dari beberapa universitas lainnya, UMY tidak tempatkan Kedokteran Gigi sebagai satu fakultas terpisah. Tetapi, jurusan ini ada di Fakultas Kedokteran dan Pengetahuan Kesehatan. Meski begitu, tidak berarti Kedokteran Gigi UMY tidak sebesar FKG di kampus-kampus lain. Malah, FKG UMY punyai empat bangsal Kedokteran Gigi, laboratorium, dan perpustakaan sendiri. Hmm… patut saja legalisasinya A!

7. Universitas Trisakti, Jakarta

Beberapa fokus yang didalami di FKG Universitas Trisakti diantaranya Bahan Kedokteran Gigi, Oral Biologi, Pelestarian Gigi, Penyakit Mulut, dan sebagainya. Sekarang ini, jurusan terakreditasi A di Usakti ini sudah mempunyai Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Tentu saja, beberapa pegiatnya langsung dari FKG Usakti.

8. Universitas Indonesia, Depok

Sebagai PTN yang termasuk tua di Indonesia, tentu saja FKG UI punyai tempat praktik sendiri. Karena kepiawaiannya dalam menyamakan di antara Pengetahuan Kedokteran Gigi Medis, sistem evaluasi yang aktif, dan Pengetahuan Kedokteran Gigi Dasar, tidaklah aneh jika FKG UI sudah kantongi legalisasi A BAN-PT.

9. Universitas Padjadjaran, Bandung

FKG Unpad, yang sekarang ini terakreditasi A oleh BAN-PT, tercipta di tahun 1959. Dengan kelebihannya, FKG Unpad buka Kelas Internasional semenjak tahun 2003. Di tahun yang serupa, FKG Unpad membangun Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang diperkembangkan dari Klinik Kerja Mahasiswa.

10. Universitas Gadjah Mada, Sleman

Alumni FKG UGM menyebar pada banyak sektor karier, seperti dosen, periset, Karyawan Negeri, dan beragam karier yang lain diberagam industri pemerintahan atau swasta. Sekarang ini, FKG UGM menggenggam rekam jejak sebagai salah satunya pelaksana pendidikan tinggi Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia. Patut kiranya jika legalisasi A sudah dipunyai FKG UGM.

11. Universitas Airlangga, Surabaya

FKG Unair ialah yang paling tua, jadi pion Kedokteran Gigi di dunia akademis pendidikan tinggi di Indonesia. Tercipta di tahun 1928, FKG Unair awalannya namanya STOVIT (School Tot Opleiding van Indische Tandartsen). Peralihan nama terus terjadi bersamaan perjalanan riwayat Indonesia, sampai nama Fakultas Kedokteran Gigi tercipta di Unair di tahun 1954. Bagaimana kondisinya saat ini? Kuliah saja di sini jika kamu ingin tahu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.