Cara Membaca Buku Materi Kuliah Supaya Tak Mengantuk

Materi kuliah dianggap membosankan bagi sebagian orang yang sedang menjalani pendidikan di universitas yang sedang mereka jalani. Sekali-sekali mahasiswa mempunyai metode sendiri dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam perkuliahan. Metode belajar dan membaca tiap-tiap orang berbeda – beda tergantung dari kesiapan orang hal yang demikian. Siapa di sini yang masih buah hati kuliahan? Pasti beberapa besar yang baca tulisan ini masih jiwa muda yang kesehariannya di kampus. Rahasia biasa mahasiswa ketika di kelas yaitu rasa kantuk. Hayo siapa yang menyenangi tidur dikelas?

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Perkuliahan di Adelaide Australia

Terbukti rasa kantuk itu tak cuma dinikmati ketika di dalam kelas saja loh. Tapi juga ketika membaca buku materi buku kuliah. Benar tak? Nah, bagi mahasiswa yang mendekati akhir semester, yang sedang sibuk dengan kerjaan skripsi, pastinya akan berhadapan dengan membaca materi kuliah. Berharap tak mahu mesti baca materi. Tentu saja, dijamin ngantuknya luar awam bukan?

Metode Konsentrasi Membaca Materi Kuliah

Nah, dikesempatan kali ini, aku akan berbagi kiat membaca buku materi kuliah supaya tak mengantuk nih. Biar tugas skripsi atau tesis kau bahkan juga lantas kelar. Seketika saja, supaya tak berlama-lama, apa saja sih tipsnya? Intip berikut ini.

Kiat Membaca Buku Materi Kuliah Supaya Tak Mengantuk

1. Disiplin
2. Ingat Hasil Akhir yang Mengiurkanmu
3. Rehat Sekiranya Lelah
4. Ambil Posisi yang Nyaman dan Ideal
5. Kenali Karakter Tubuhmu

Membaca Materi Kuliah Cepat Mengerti

1. Disiplin
Kiat membaca buku materi kuliah supaya tak mengantuk yang pertama yaitu disiplin. Kok dapat disiplin? Yoi sebab tanpa kedisiplinan diri mustahil dapat membaca dengan janji tinggi. Disiplin pada diri sendiri itu tak gampang loh. Jangan anggap disiplin itu seperti membalikan telapak tangan, tak seperti itu.

Nggak percaya? Coba deh disiplinkan diri. Semisal dalam waktu dua jam, mesti membaca 30-50 halaman. Kaprah-kaprah kuat tak? Tentu saja setiap masing-masing oran akan menjawab berbeda. Mungkin bagi si X itu hal yang awam. Walaupun buat kau, ini sesuatu luar awam. Secara simpel, disiplin bisa diistilahkan ketat dank eras pada diri sendiri. Tapi lunak pada orang lain.

Maksudnya gimana sih? Jadi kita keras dan galak pada diri sendiri. Misal selama dua jam mesti membaca 30 halaman. Sekiranya tak kuat, hari ini diawali dari semampunya dan tiap-tiap hari terus meningkat dan meningkat. Mulanya memang menyiksa diri. Melainkan sekiranya telah menjadi sebuah hobi dan pekerjaan, ini telah bukan hal susah. Dapat dibilang berjalan dan mengalir lancar semacam itu saja. Berdasarkan hemat aku, disiplin itu kunci keberhasilan dari seluruh ackack.net.

Coba amati, orang yang mempunyai kesanggupan akademik yang bagus, sekiranya mereka tak mempunyai kedisiplinan dan harapan. Ya omong kosong. Sebaliknya, orang yang mungkin secara akademik awam-awam saja, melainkan mempunyai kedisiplinan tinggi untuk berlatih dan tetap, dapat mengungguli buah hati yang jago secara akademik. Tak percaya? Perlu kau coba. Melainkan jangan mau instans ya, seluruh butuh progres.

2. Ingat Hasil Akhir yang Mengiurkanmu

Kiat membaca buku materi kuliah supaya tak mengantuk yang kedua ingat tujuan akhir. Pastinya kau berharap lantas skripsi atau tesismu kencang selesai bukan? Nah, kuncinya di sini. Di sini kau wajib mempunyai tujuan yang menyenangkan, supaya kau motivasi memecahkan. Semisal nih, berharap memecahkan kuliah biar lantas melamar dan menikahi pujaan hati. Atau Kalo kau dapat lulus, kau akan dikasih hadiah ayah dan ibu sebuah motor baru.

Jadikan hal-hal menarik sebagai iming-iming supaya kian motivasi memecahkan tugas. Bagaimana sekiranya kiat membaca buku materi kuliah supaya tak mengantuk yang kedua ini tak sukses? Hening masih banyak opsi kesenangan yang dapat kau jadikan tujuan. Semisal, kau akan dapat lantas berprofesi dan bisa duit, foya-foya dengan hasil uang kerja. Tak ada salahnya juga lo menghasilkan supaya tak lagi belajar dan membaca teori buku-buku pembelajaran. Intinya, buatlah sesuatu yang membikin kau menyenangkan.

3. Rehat Sekiranya Lelah

Kiat yang berikutnya yaitu rehat bila memang telah lelah, jangan sok kuat deh. Seringkali kita terlalu berharap lantas memecahkan tugas. Sehingga memforsir dan memaksakan diri terus membaca. Meskipun, terlalu memaksakan diri justru kurang tepat sasaran. Masih tak percaya? Coba suatu dikala ketika lelah, biarkan tubuh kau rehat.

Biarkan tubuh rehat, tidur selama 15-30 menit saja. Sesudah itu dilanjutkan membaca buku materi kuliah. Dijamin, ketika membaca kau bahkan juga lebih gampang menangkap tiap-tiap materi yang tertulis. Tingkat kecepatan membaca bahkan juga lebih tepat sasaran dan efisien. Berbeda lo dikala kau memaksakan diri untuk membaca, akibatnya mungkin dapat membaca sebagian lembar lebih banyak. Tapi dari progres otak menangkap berita tak ada yang nyangkut sama sekali.

Rahasia berhasil menjalani kiat membaca buku materi kuliah supaya tak mengantuk bertumpu pada mutu. Kwalitas dalam hal ini yaitu mutu otak berprofesi. Di sini kita wajib tahu secara khusus dahulu, bahwa membaca yaitu progres yang melelahkan.

Variasi buku materi yang kau baca, menetapkan kesanggupan otak juga loh. Misal, sekiranya buku materi yang kau baca berat, tentu saja otak juga akan berfikir lebih berat diperbandingkan dikala kau membaca buku humor atau buku fiksi. Pas sebabnya, dikala membaca buku pendidikan, buku materi dan buku teori kita senantiasa ngantuk berat. Otak kita terforsir tenaganya, sehingga memunculkan penurunan oksigen dan daya kerja otak. Nah, meskipun otak memerlukan asupan air lebih banyak diperbandingkan komponen tubuh lainnya loh.

4. Ambil Posisi yang Nyaman dan Ideal

Kiat selanjutnya yang tak keok penting yaitu posisi dan kenyamanan nih. Jadi, buatlah tubuhmu rilex ketika membaca. Posisi yang sedap untuk membaca yaitu dengan duduk. Nah, bagaimana dengan membaca sambil tidur? Namun tak permasalahan. Tapi membaca sambil tidur kian membikin kita menikmati rasa kantuk yang luar awam.

Pasti kau pernah menikmati membaca sambil tidur, terlanjur tidur pulas berjam-jam bukan?

Memang membaca sambil duduk itu melelahkan sekiranya itu dikerjakan secara berjam-jam. Oleh karena itu, carilah daerah duduk yang empuk untuk pantant dan punggung. Dijamin, akan mengindari rasa ngantuk tiap-tiap kali membaca buku materi kuliah. Sekiranya tak percaya, boleh kau lakukan eksperimen sendiri. Apa respond an tanggapan tubuh kau, dan kita tunggu di kolom komentar.

5. Kenali Karakter Mulut dan Tubuhmu

Kiat membac buku materi kuliah supaya tak mengantuk yang terakhir sedikit nyleneh. Karena? Namun kau wajib mengenali karakter mulut dan tubuhmu. Ada jenis orang yang membaca wajib sambil ngemil snack. Bukan ngemil-likin kau loh ya. Nah, sekiranya mulut dan tubuh bersuka ria makanan ringan, tak ada salahnya untuk meneyiapkan camilan biar tak gampang tidur. Melainkan ingat, jangan hingga terlalu kekenyangan, sebab makanan ringan terlalu kekenyangan memicu rasa kantuk.

Nah, buat kau yang sungguh-sungguh perhatian dengan perawakan tubuh, kau perlu mikir dua kali nih. Namun belajar, membaca sambil ngemil meningkatkan risiko gemuk diperbandingkan mereka yang tak pernah ngemil. Nah, buat kau yang seperti aku, tiap-tiap kali membaca buku, paling tak dapat ngemil. Bukan sebab tak menyenangi makanannya, justru ngemil menganggu aku melakukan tugas secara tepat sasaran dan efisien. Jadi, memang orang itu macem-macem, ada yang dapat mulut dan tubuh dapat dimasukan makanan ringan. Ada pula yang tak dapat mulut dan tubuhnya mendapatkan makanan makanan ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.