Beasiswa yang Kerap Dipilih untuk Kuliah ke Luar Negeri

Untuk beberapa orang, dapat melanjutkan studi S1, S2 atau S3 di luar negeri yaitu asa terbesar mereka. Tentu, mimpi besar tadi sepatutnya ditunjang dengan kesanggupan finansial yang mencukupi untuk keperluan hidup serta tarif kuliah selama berada di luar negeri. Tapi, beberapa orang yang mempunyai mimpi tadi sepatutnya dihadapkan oleh sebuah kenyataan, bahwa sepertinya mimpi itu hanyalah angan-angan semata sebab rupanya elemen finansial tadi tak dapat mendukung mimpi tadi. Jangan kuatir. Ketika ini banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah di luar negeri untuk para calon mahasiswa ackack.net yang berkeinginan mencapai pengajaran lanjutan di negaranya.

Beasiswa Yang Sering Dipilih Untuk Kuliah di Luar Negeri

Nah, di bawah ini ada tujuh beasiswa yang sering dipilih orang, lebih-lebih calon mahasiswa asal Indonesia yang berkeinginan melanjutkan studi di luar negeri. Apa saja?

1. Australia Awards, Australia

Benua Australia yang lokasinya berdekatan dengan kepulauan Indonesia menjalin kerja sama bilateral dan regional. Dengan adanya kerja sama hal yang demikian, Department of Foreign Affairs and Trade Australia menawarakan Australia Awards Scholarship atau Australia Awards yang yaitu program beasiswa untuk mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan tahapan kuliah S2 dan memperoleh gelar Magister di Australia.

Baca Juga : Pembelajaran Hidup Yang Takkan Kau Bisa Ketika Kuliah

Apabila kalian punya mimpi atau agenda untuk melanjutkan S2 di Australia, yuk mulai dari kini tingkatkan terus keterampilan bahasa Inggris kalian dan menjaga IPK kalian supaya tak kurang dari 2.9, ya.

2. Turkiye Burslari Scholarship, Turki

Turkiye Burslari Scholarship mensawarkan sebagian program studi, seperti Full-Time Programs, Short-Term Programs, Turkish Language & Culture Programs, dan Partnered Programs.

Nah, untuk kalian yang berkeinginan kuliah atau melanjutkan kuliah di Turki, kalian dapat mengambil Full-Time Programs yang memang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingiin kuliah S1 atau melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Turki.

Persyaratan dan ketetapan beasiswa ini juga tak membutuhkan kalian untuk apply nilai TOEFL atau IELTS, lho. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba di-apply. Siapa tahu kau yaitu orang terpilih yang dapat belajar di Turki.

3. Holland Scholarship, Belanda

Holland Scholarship yaitu sebuah program beasiswa yang dibiayai oleh Dutch Ministry of Education, Culture and Science atau Menteri Pengajaran, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda. Beasiswa ini dialamatkan untuk mahasiswa internasional yang berasal dari luar Kawasan Ekonomi Eropa atau European Economic Zona (EEA). Beasiswa ini berlaku untuk tahapan kuliah S1 dan S2.

Kriteria aplikasi beasiswa ini sendiri yaitu yaitu mahasiswa non-EEA, mendaftar untuk program sarjana atau magister di perguruan tinggi Belanda yang ikut serta berpartisipasi dalam program beasiswa ini, memenuhi prasyarat khusus yang ditemukan di web sah perguruan tinggi berkaitan, dan tak mempunyai gelar sarjana dari universitas di Belanda.

Tenggat waktu mendaftar beasiswa untuk tahun akademik 2020-2021 yaitu 1 Februari 2020 atau 1 Mei 2020. Berita lebih lanjutnya, kalian dapat memandangnya di web sah universitas yang berkaitan dengan program beasiswa ini.

4. Korean Government Scholarship Program, Korea Selatan

Korean Government Scholarship Program atau KGSP yaitu beasiswa yang dikasih oleh pemerintah Korea Selatan terhadap calon mahasiswa dari beraneka negara. Beasiswa ini tersedia untuk calon mahasiswa undergraduate (S1) dan graduate (S2 dan S3).

Beasiswa ini cuma dapat di apply oleh pelajar SMA yang belum pernah mencapai pengajaran tinggi apa malahan. Lazimnya registrasi beasiswa ini dibuka sekitar satu sampai dua bulan sebelum ujian masuk perguruan tinggi di Korea (suneung) dijalankan, adalah sekitar bulan September sampai Oktober.

Ada dua jalanan beasiswa yang dapat dicapai oleh calon mahasiswa, adalah melewati kedutaan besar Korea Selatan untuk Indonesia atau lantas mengajukan beasiswa hal yang demikian terhadap universitas Korea yang berkeinginan dituju. Pengajaran undergraduate atau S1 cuma dapat melalui satu jalanan saja, adalah melewati kedutaan besar Korea.

Pengajaran kalian yang mendaftar beasiswa KGSP untuk S1, skor rapot kalian sepatutnya berada rata-rata paling tinggi TOP 20 persen. Misal, dalam kelas kalian terdapat 50 siswa, 20 persen dari siswa hal yang demikian yaitu 10. Jadi, paling tak kalian sepatutnya berada di peringkat 10 selama di SMA.

5. Monbukagakasho, Jepang

Beasiswa Monbukagakusho atau MEXT ini dikasih oleh Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia dan Konsulatnya yang berada di Surabaya, Medan, Denpasar dan Makassar tiap tahunnya menjalankan registrasi dan penyeleksian bagi para calon mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho.

Adapun program-program yang ditawarkan terhadap siswa Indonesia yaitu Program Research Student bagi tamatan perguruan tinggi dan undergraduate. College of Technology dan Professional Training College bagi tamatan SMA. Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Beasiswa ini mencakup tarif studi dan tarif hidup, tanpa ikatan dinas. Jadi, meski pengendalian bahasa Jepang kalian belum mumpuni sekali, kalian tak perlu kuatir sebab beasiswa tadi meliputi seluruh tarif hidup kalian selama tinggal di Jepang dan kalian juga dapat merencanakan kesibukan kehidupan kalian yang berikutnya sesudah mengatasi masa studi.

6. Russian Government Scholarship, Rusia

Beasiswa yang ditawarkan oleh The Ministry of Science and Higher Education Rusia tersedia untuk tamatan SMA dan SMK. Bagi mahasiswa internasional yang berkeinginan melanjutkan kuliah di Rusia tak diwajibkan dapat atau mengaplikasikan bahasa Rusia. Ada kelas-kelas perkuliahan di perguruan tinggi yang mengaplikasikan bahasa Inggris.

kalian juga tak boleh seperti itu saja menyampingkan bahasa Rusia dan asyik mengaplikasikan bahasa Inggris, sebab satu-satunya bahasa yang memungkinkan kalian berkomunikasi dengan orang lain di Rusia yaitu bahasa Rusia itu sendiri.

Beasiswa ini bukanlah beasiswa penuh, jadi kalian sepatutnya benar-benar menyiapkan bekal untuk tarif hidup serta kebutuhan lainnya selama kalian mencapai pengajaran di Rusia.

7. Chevening, Inggris

Chevening yaitu program beasiswa dari pemerintah Inggris bagi mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi S2 selama satu tahun di universitas manapun di Inggris. Beasiswa ini akan mendanai segala keperluan studi kalian selama satu tahun mulai dari tarif kuliah (termasuk tarif ujian dan lab), tarif hidup (akomodasi, transportasi, makan, pulsa, keperluan kuliah, dan kesehatan), tarif satu kali pembuatan visa serta tarif pesawat menuju dan dari Inggris (termasuk tarif ekstra untuk bagasi).

Di sana, kalian dapat mengoptimalkan kesanggupan akademik dan profesional kalian, sekalian memperluas jaringan persahabatan dengan orang lain dari beraneka belahan dunia. cuma itu, kalian juga dapat mempelajari adat istiadat dan gaya hidup masyarakat Inggris.

Ada sebagian kriteria yang sepatutnya kalian penuhi untuk menerima beasiswa ini, adalah sepatutnya mempunyai gelar S1 dengan skor di atas rata-rata, tak mengontrol kewarganegaraan dan dwikewarganegaraan Inggris, bukan pekerja, eks pekerja, atau mempunyai kekerabatan dengan pekerja di pemerintah Inggris, belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris, memenuhi kriteria bahasa Inggris cocok dengan standar yang diatur oleh Chevening, dan mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun atau sepadan dengan 2.800 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.