5 Daftar PTN Terbaik di Pulau Kalimatan

Bagi sobat mahasiswa yang berkuliah di universitas bergengsi tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi jika universitas tersebut masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

Tentunya universitas negeri yang berlokasi di Pulau Kalimantan juga menarik minat yang tinggi bagi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan jenjang pendidikan tingginya. Tak hanya popularitas, kualitas universitas di Pulau Kalimantan patut diacungi jempol.

Nah bagi teman-teman yang penasaran, kira-kira apa saja PTN terbaik yang ada di Pulau Kalimantan?

Berikut ini kami dari tim Ruang Mahasiswa merangkumnya ke dalam 5 PTN Terbaik di Pulau Kalimantan:

1. Universitas Tanjungpura (Untan)
2. Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
3. Universitas Mulawarman (Unmul)
4. Universitas Palangka Raya (UPR)
5. Universitas Borneo Tarakan (UPR)

1. Universitas Tanjungpura (Untan)

Universitas Tanjungpura atau biasa dikenal Untan ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Awalnya universitas ini didirikan pada 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional dan seiring waktu mengalami beberapa kali perubahan nama hingga akhirnya menjadi Universitas Tanjungpura.

Berdasarkan pada pemeringkatan oleh Webometrics, Untan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di wilayah Kalimantan pada 2018.

Kemudian, pada 2021, universitas ini menduduki peringkat ke-62 universitas terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti dan peringkat ke-101 versi Webometrics tahun 2021.

Untan dapat dikenali dengan mudah karena ada Tugu Digulis di depan kampus. Tugu Digulis ini juga dikenali sebagai Bundaran Untan. Saat ini, Untan sedang berupaya membangun “Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber.”

Pada awal berdirinya Untan hanya memiliki dua fakultas, yaitu fakultas hukum dan tata niaga. Namun, saat ini Untan telah memiliki 9 fakultas dengan 96 program studi. Berikut ini daftar fakultas yang ada di Untan, di antaranya:

Fakultas Hukum
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Kedokteran
Adapun jenjang program yang tersedia di Untan, yaitu:

Diploma
Sarjana
Pascasarjana
Doktoral
Profesi

Universitas Tanjungpura sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan No.SK 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019.

Universitas Tanjungpura berlokasi di Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Universitas Tanjungpura, silahkan mengunjungi www.untan.ac.id.

2. Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertua di Kalimantan. Universitas ini berada di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat berdiri pada 21 September 1958 dan baru diresmikan sebagai PTN pada 1 November 1960. Nama universitas ini diambil dari nama seorang patih dari Kerajaan Negara Dipa yang bernama Lambung Mangkurat.

Adapun motto dari Universitas Lambung Mangkurat, yaitu Waja Sampai Kaputing. Universitas ini memiliki nama julukan, yaitu “Universitas Perjuangan.”

Berdasarkan pada laman Kemenristekdikti, Universitas Lambung Mangkurat menempati peringkat ke-82 universitas terbaik se-Indonesia. Sedangkan pada laman Webometrics tahun 2021, Universitas Lambung Mangkurat peringkat ke-61.

Universitas Lambung Mangkurat memiliki 11 fakultas, di antaranya:

Fakultas Keguruan dan Kependidikan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Perikanan dan Kelautan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi
Selain fakultas, Universitas Lambung Mangkurat juga menyediakan berbagai jenjang program studi, yaitu:

Diploma
Sarjana
Pascasarjana
Doktoral
Profesi
Spesialis

Universitas Lambung Mangkurat telah memperoleh akreditasi A berdasarkan 90/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019 yang diberikan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Universitas Lambung Mangkurat berlokasi di Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Universitas Lambung Mangkurat, silahkan mengunjungi ulm.ac.id.

3. Universitas Mulawarman (Unmul)

Di Kalimantan Timur terdapat banyak universitas, salah satunya Universitas Mulawarman (Unmul). Universitas Mulawarman didirikan pada 27 September 1962 dan menjadi universitas tertua yang ada di Kalimantan Timur.

Universitas ini merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur.

Perlu sobat ketahui bahwa nama Universitas Mulawarman ini diambil dari nama seorang raja dari Kerajaan Kutai pada abad ke-4 yang bernama Raja Mulawarman Nala Dewa.

Pada tahun 2021, Universitas Mulawarman menempati peringkat ke-88 universitas terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti dan peringkat ke-51 versi Webometrics.

Unmul memiliki empat lokasi kampus terpisah yang digunakan dalam aktivitas akademik, yaitu Kampus Gunung Kelua, Kampus Pahlawan, Kampus Baggeris, dan Kampus Flores.

Universitas Mulawarman memiliki 14 fakultas dengan 98 program studi dan jenjangnya yang bisa sobat pilih sesuai bakat dan minat, di antaranya:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Pertanian
Fakultas Kehutanan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Hukum
Fakultas Teknik
Fakultas Kedokteran
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Farmasi
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Unmul juga menawarkan program jenjang pascasarjana dan doktoral.

Universitas Mulawarman saat ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan keputusan nomor 1466/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017.

Lokasi Universitas Mulawarman, yaitu di Jalan Kuaro Kampus Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur 75119.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Universitas Mulawarman, silahkan mengunjungi www.unmul.ac.id.

4. Universitas Palangka Raya (UPR)
Universitas Palangka Raya (UPR) didirikan pada 10 November 1963 yang mana sekaligus menjadikannya sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertua di Kalimantan Tengah.

Universitas Palangka Raya terletak di lokasi yang strategis karena berada di Palangka Raya yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah dengan memiliki luas satu setengah kali Pulau Jawa.

Berdasarkan pada ranking Webometrics tahun 2021, UPR berada pada peringkat ke-119 PTN terbaik se-Indonesia.

Menyandang status sebagai PTN terbesar di Kalimantan Tengah, Universitas Palangka Raya berpeluang besar dalam menciptakan SDM berkualitas, guna mempercepat pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah secara khusus dan pembangunan nasional secara umum.

Sampai saat ini, Universitas Palangka Raya memiliki 7 fakultas, di antaranya:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Ekonomi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Pertanian
Fakultas Hukum
Fakultas Teknik
Fakultas Kedokteran
Universitas Palangka Raya juga menyediakan program pascasarjana dan program doktoral.

Secara institusi kampus, Universitas Palangka Raya saat ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B berdasarkan keputusan nomor 1032/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2016 dari BAN PT.

Lokasi Universitas Palang Karaya terletak di Jalan Yos Sudarso, Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 74874.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Universitas Palangka Raya, silahkan mengunjungi www.upr.ac.id.

5. Universitas Borneo Tarakan (UPR)
Universitas Borneo Tarakan (UBT) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlokasi di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kampus ini didirikan pada 9 Oktober 1999 oleh Yayasan Pinekindi dan mulai beroperasi secara resmi pada 6 Juni 2001 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 37/D/O/2001.

Berdasarkan data peringkat kampus oleh Webometrics, Universitas Borneo Tarakan berada di peringkat ke-742 pada 2021.

Universitas Borneo Tarakan memiliki 7 fakultas dengan 17 program studi dengan rincian:

2 program studi diploma
14 program studi sarjana
1 program pascasarjana
Berikut ini pilihan fakultas yang tersedia, di antaranya:

Fakultas Teknik
Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Pertanian
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Borneo Tarakan berencana akan membuka fakultas kedokteran dan sejumlah program pascasarjana serta doktor ke depannya.

Saat ini, UBT telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B secara institusi berdasarkan surat keputusan nomor 360/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dari BAN PT.

Adapun lokasi Universitas Borneo Tarakan, yaitu di Jalan Amal Lama Nomor 1, Pantai Amal, Tarakan Timur, Kalimantan Utara 77123.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Universitas Borneo Tarakan, silahkan mengunjungi www.ubt.ac.id.

Demikianlah informasi tentang 5 PTN Terbaik di Kalimantan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan berkuliah di Pulau Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.