Lompat ke konten
Beranda » 10 Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

10 Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

  • oleh
Perbedaan Akuntansi Keuangan

Jurusan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen seringkali dianggap sama. Walaupun jurusan ini mempunyai konsep atau dasar ilmu yang berbeda ackack.net.

Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Berikut merupakan 10 perbedaan akuntansi dan akuntansi manajemen:

1. Tujuan Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan mempunyai tujuan menjadikan laporan keuangan dari suatu perusahaan. Laporan ini nantinya juga membuktikan situasi serta kinerja dari perusahaan hal yang demikian. Kabar yang ditampilkan akan memuat riwayat finansial perusahaan secara menyeluruh.

2. Tujuan Akuntansi Manajemen

Sementara itu akuntansi manajemen punya tujuan akhir menjadikan laporan perusahaan secara lebih spesifik. Nantinya laporan memuat dilema yang ada di suatu perusahaan serta metode penyelesaiannya.

3. Pengguna Laporan Akuntansi Keuangan

Laporan yang dibuat oleh akuntansi akan diterapkan oleh pihak eksternal. Nantinya laporan ini dibuat referensi oleh pihak eksternal dalam mengukur kinerja perusahaan. Laporan ini tak akan dibuat referensi pengambilan keputusan oleh perusahaan.

4. Pengguna Laporan Akuntansi Manajemen

Sementara itu laporan dari akuntansi manajemen akan diterapkan oleh pihak internal perusahaan. Laporan ini akan menjadi referensi bagi perusahaan untuk mengerjakan evaluasi. Perusahaan juga bisa mengambil keputusan melalui laporan hal yang demikian.

5. Cakupan Akuntansi Keuangan

Perbedaan akuntansi dan akuntansi manajemen paling gampang diamati dari cakupan laporannya. Laporan untuk akuntansi memuat isu keuangan. Skor yang termuat merupakan laporan laba rugi, neraca keuangan, dan lain-lain.

6. Cakupan Akuntansi Manajemen

Sementara itu cakupan laporan untuk akuntansi manajemen lebih spesifik. Tak memuat laporan akan memuat laporan dari suatu komponen perusahaan. Umpamanya saja untuk komponen produksi, pemasaran, human resource, dan lain sebagainya.

7. Bentang Waktu

Perbedaan selanjutnya berlokasi pada bentang waktu laporan yang dibentuk. Untuk laporan akuntansi bentang waktunya kurang fleksibel dan cuma meliputi durasi waktu tertentu merupakan bulanan dan tahunan. Bentang waktunya tergolong lama sehingga dapat dibuat bahan evaluasi bentang panjang.

8. Bentang Waktu Akuntansi Manajemen

Untuk laporan akuntansi manajemen, bentang waktunya jauh lebih fleksibel. Lazimnya laporan ini dihasilkan dengan bentang waktu yang singkat seperti harian atau mingguan.

9. Orientasi Waktu 

Laporan akuntansi keuangan memuat isu yang orientasinya ke waktu lampau. Laporan yang ditulis memuat isu keuangan dari masa lalu. Jadi, evaluasi yang dijalankan juga mengamati riwayat di waktu yang telah terjadi.

10. Orientasi Waktu Akuntansi Manajemen

Sementara itu laporan akuntansi manajemen mengarah ke masa depan. Laporan memuat dilema perusahaan dan solusinya sehingga akan menjadi referensi di masa depan. Tak cuma sekedar bahan pengukuran tapi juga menjadi tutorial untuk lebih bagus di waktu yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.