Jurusan Ilmu Ekonomi : Punya Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan Ilmu Ekonomi : Punya Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan yang katanya punya prospek kerja menjanjikan dan mata kuliah yang sama saja dengan Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Benarkah? Hmm coba baca tulisan ini dahulu deh, yuk!

Apa Itu Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi yaitu jurusan yang mempelajari taktik pengelolaan sumber kekuatan dengan memastikan efisiensinya dalam menempuh kesejahteraan. Sumber kekuatan yang dimaksud nggak hanya seputar uang atau tarif, namun juga sumber kekuatan alam, waktu, pun energi.

Nah, semua sumber kekuatan yang terbatas hal yang demikian seharusnya dikelola supaya dapat memenuhi keperluan manusia yang nggak ada batasnya. Itulah tugas jebolan jurusan ini ackack.net.

Di Jurusan Ilmu Ekonomi, kau nggak melulu memikirkan cuan, cuan, dan cuan, Brainies. Melainkan, kau juga akan disusun menjadi seseorang yang melek kepada fenomena-fenomena berhubungan ekonomi, bagus pada skala makro ataupun mikro.

Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro

Demikian, Brainies, lingkup kajian Ilmu Ekonomi sesungguhnya terbagi menjadi ekonomi makro dan ekonomi mikro. Bahasan ekonomi makro meliputi pada fenomena ekonomi negara sampai dunia, meskipun ekonomi mikro mempunyai pandangan yang berfokus pada individu sampai perusahaan.

Baca Juga : Kenali Jurusan Sosiologi : Mata Kuliah, Kampus dan Prospek Kerja

Nah, saat menemukan fenomena ekonomi pada skala hal yang demikian, kau sebagai jebolan Jurusan Ilmu Ekonomi diinginkan akan kapabel mengkaji penyebab, dampak, sampai mencari solusinya. Gimana uwaw banget nggak tuh?

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Ekonomi

Ada beberapa orang yang berdaya upaya mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Ilmu Ekonomi sama saja dengan Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Hmm, nggak sepenuhnya salah sih sebab di Jurusan Ilmu Ekonomi kau juga belajar mata kuliah Pengantar Manajemen dan Pengantar Akuntansi.

Eits, namun secara keseluruhan mata kuliah dari ketiga jurusan itu nggak sama persis kok. Kecuali konsentrasi studi ketiganya malah saling berlainan, Brainies. Jadi, jangan hingga kalian berdaya upaya ketiganya sama saja, ya.

Oke, lanjut ke pembahasan mata kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi. Mengenal belajar dua pengantar tadi, di jurusan ini kau juga akan mendapatkan mata kuliah Pengantar Ekonomi dan Pengantar Bisnis. Makanya, bakal banyak banget materi berhubungan ekonomi yang akan kau pelajari ke depannya.

Oh iya, di jurusan ini kau juga akan bertemu dengan Matematika Ekonomi dan Statistika Ekonomi. Jadi, jangan harap deh kau dapat buru-buru “pamit” terhadap angka, rumus, dan pengolahan data. Hehe.

Matematika perlu dipelajari sebab diperlukan untuk mengkaji statis dan komparatif statis dalam teori ekonomi. Sementara Statistika dipelajari supaya pengambilan keputusan di bidang ekonomi gampang dilaksanakan via pengolahan data.

Mengenal itu, kau juga akan belajar ekonomi diamati dari aspek Sosiologi dan Lulusan, lho. Setelah ini dikarenakan ekonomi erat kaitannya dengan masyarakat beserta kebijakan suatu negara yang menjadi daerah tinggalnya. Pokoknya, di Jurusan Ilmu Ekonomi kau akan belajar beraneka Ilmu sosial dan sains deh, Brainies.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

lulus dari Jurusan Ilmu Ekonomi, kau bakal kerja apa? Wah, banyak Brainies profesi menjanjikan untuk jebolan jurusan ini. Apalagi permintaan akan sarjana Jurusan Ilmu Ekonomi cukup tinggi di beraneka bidang profesi. Makanya, kau nggak perlu deh tuh hingga merasa cemas berlebihan.

Prospek kerja jebolan Jurusan Ilmu Ekonomi dapat menjangkau beraneka lingkup profesi, mulai dari pemerintahan, swasta, sampai individu. Yaps, luas banget ‘kan, Brainies, prospek kerjanya?

Kampus dengan Jurusan Ilmu Ekonomi Terbaik di Indonesia

Siapa sih yang nggak berkeinginan masuk ke kampus dengan Jurusan Ilmu Ekonomi terbaik di Indonesia? Apalagi terbaiknya itu menurut hasil pemeringkatan perguruan tinggi di semua dunia versi THE WUR 2021. Wih, apa saja ya kampusnya?

  • Universitas Gadjah Mada (peringkat 501–600)
  • Universitas Indonesia (peringkat 501–600)
  • Institut Teknologi Bandung (peringkat +601)
  • Universitas Brawijaya (peringkat +601)
  • Universitas Diponegoro (peringkat +601)
  • Universitas Padjadjaran (peringkat +601)